Essential Oils; the Harmony of Body and Soul

Updated: Jan 8, 2019


Semakin banyak orang yang mencari tahu tentang pengobatan alternatif dan alami, penggunaan essential oils atau aromatherapy dewasa ini telah menjadi tren. Essential oils sendiri memiliki banyak manfaat; antara lain dapat digunakan untuk menyeimbangkan hormon, meningkatkan sistem imun, membantu proses pencernaan, meningkatkan fungsi otak, meredakan stress dan gelisah, meredakan rasa sakit, meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, sebagai detoksifikasi tubuh, antivirus dan memiliki sifat menenangkan. Selain itu, kita juga dapat menggunakannya sebagai pewangi ruangan maupun pewangi tubuh.



Secara ilmiah, essential oils, atau yang sering dikenal dengan minyak esensial atau minyak atsiri merupakan campuran dari senyawa organik yang mudah menguap yang berasal dari satu sumber botani tunggal, dan berkontribusi terhadap rasa dan aroma tanaman (Tisserand & Young, 2014). Penggunaan essential oil dipercaya dapat memberikan efek positif bagi kesehatan, baik secara psikologis maupun fisik.


Saat ini, essential oils yang banyak digunakan dewasa ini antara lain:

Lavender

Essential oils lavender merupakan essential oils yang paling banyak digunakan saat ini meskipun manfaatnya telah lama ditemukan. Sama seperti rose, orange, bergamot, lemon, dan sandalwood, essential oils lavender dikenal sebagai penghilang rasa panik, stres, dan antidepresan. Selain itu, minyak esensial lavender dapat digunakan sebagai media untuk menyembuhkan luka termasuk luka bakar, mencegah timbulnya jerawat, menghilangkan rasa sakit, dan menyeimbangkan hormon.

Essential oils lavender dapat diaplikasikan secara langsung dengan mengoleskannya pada kulit seperti bagian belakang leher, dicampurkan dengan air untuk meningkatkan mood, maupun digunakan sebagai pengganti parfum. (https://draxe.com/natural-remedies-category/lavender/)


Peppermint

Peppermint essential oils merupakan rempah di benua Eropa dan telah sering digunakan sebagai obat tradisional Jepang dan Cina. Minyak ini juga telah terbukti dapat membantu menyembuhkan beberapa gejala kesehatan seperti pencernaan yang kurang lancar dan dapat membantu mengurangi keram otot, menghilangkan bau mulut, meningkatkan fokus dan energy, dan juga sistem imun.

Sesuai dengan manfaat yang dimiliki, peppermint essential oils dapat digunakan secara aromatik, topical, maupun untuk keperluan internal. (https://draxe.com/natural-remedies-category/peppermint/)


Tea Tree Oil

Tea tree oil atau yang lebih dikenal dengan melaleuca, dikenal sebagai antiseptic dan penyembuh luka. Oleh karena itu, minyak esensial ini dijuluki sebagai antibacterial essential oils. Tea tree oils telah lama digunakan di Australia untuk keperluan medis; antara lain untuk membunuh bakteri, virus, dan jamur. Manfaat lain dari tea tree oils adalah untuk menyembuhkan luka, meningkatkan kesehatan gusi, kulit, dan kulit kepala. (https://draxe.com/natural-remedies-category/tea-tree-melaleuca/)


Rose and Chamomile

Sama seperti lavender essential oils, rose dan chamomile essential oils juga berfungsi untuk meredakan stres. Rose essential oils dapat dibuat dengan proses yang sangat sederhana, yakni proses distilasi uap. Penelitian membuktikan jika minyak mawar ini dapat menyeimbangkan hormon, meredakan kegelisahan, dan meningkatkan libido. Sedangkan chamomile, selain meredakan stres dapat digunakan untuk meningkatkan mood dan menenangkan pikiran. (https://draxe.com/rose-essential-oil-benefits-skin-depression-hormones/,https://www.organicfacts.net/health-benefits/essential-oils/camomile-essential-oil/)


Jasmine

Jasmine essential oils dikenal sebagai antidepresan. Minyak esensial ini dapat digunakan untuk menghilangkan depresi dan memberikan ketenangan secara psikologis. Selain itu, jasmine essential oils memiliki manfaat lain yakni membantu merawat kulit normal maupun kulit kering dan berminyak, anti-penuaan, mengurangi peradangan, dan psoriasis. (https://draxe.com/jasmine-oil/)


Opium (poppy seed oil)

Opium atau poppy seed oil adalah minyak esensial yang memiliki aroma khas yang mewah. Selain digunakan sebagai campuran dalam minyak esensial, poppy seeds juga diaplikasikan dalam proses membuat kue, salad, atau menjadi bumbu pelengkap. Opium memiliki sifat antioksidan yang kuat yang dapat melindungi tubuh dan pikiran. Opium essential oils dapat melindungi kita dari penyakit yang dapat memicu radikal bebas dan dapat meningkatkan kesehatan. (http://www.ostro-organics.com/poppy-seed-oil-health-benefits-and-uses/)


Frangipani

Frangipani essential oils berasal dari bunga khas yang banyak ditemui di berbagai sudut pulau Bali karena merupakan bunga yang selalu digunakan untuk ritual keagamaan. Bunga Kamboja ini secara general di seluruh dunia sering disebut sebagai The Tree of Life. Bunga yang berwarna kuning ini dapat menghasilkan aroma yang sangat harum dan memikat. Frangipani essential oils merupakan salah satu aroma parfum terbaik di dunia. Selain meningkatkan keindahan spiritual, essential oils ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, melembutkan dan menyehatkan kulit, meredakan stress, dan menyeimbangkan kesehatan tubuh dengan antioksidan.

(https://www.stylecraze.com/articles/these-benefits-of-frangipani-essential-oil-will-leave-you-spellbound/)

332 views0 comments

Recent Posts

See All