Avoid Tunneling, Make Your Favorite Candles Last Longer!


Bagi kalian penikmat scented candles, pasti pernah mengalami kedaan di saat lilin kalian terbakar tidak merata. Hal ini sering disebut sebagai candle tunneling. Candle tunneling dapat meninggalkan lilin di sekeliling sumbu yang dapat mengakibatkan lilin kalian tidak terbakar secara sempurna.


Candle tunneling dapat terjadi pada semua jenis lilin, terlepas dari kualitas maupun harga dari lilin tersebut. No worries, ada banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk menghindari dan mengatasi candle tunneling.





PEMBAKARAN PERTAMA


Hal pertama yang dapat kalian lakukan adalah dengan memperhatikan pembakaran pertama lilin kalian. Kali pertama kalian menyalakan dan membakar lilin baru benar-benar menentukan seberapa baik kinerja lilin itu. Pastikan bahwa kumpulan lelehan lilin mencapai tepian lilin sebelum kalian memadamkan api. Target yang ideal biasanya menunggu kolam lilin sedalam 1 cm di bagian tepi sebelum memadamkannya. Lamanya waktu yang diperlukan tergantung dari diameter dari lilin tersebut.


Pada umumnya kalian dapat memotong sumbu lilin sebelum membakar lilin. Namun, jika lilin baru kalian sangat lebar, kalian mungkin ingin meninggalkan sumbu sedikit lebih lama dari biasanya.


Berikut merupakan tips yang harus diperhatikan dalam membakar lilin pertama kali:

> Biarkan kolam lilin mencapai tepi lilin saat pertama kali kamu menyalakannya,

> Bakar lilin kira-kira satu jam untuk setiap inci lilin,

> Sebaiknya ulangi teknik pembakaran ini sesekali untuk menjaga lilin tetap terbuka dan merata.


METODE FOIL


Metode foil merupakan salah satu cara untuk dapat meningkatkan panas yang ada di bagian atas lilin agar dapat memungkinkan lilin yang keras untuk meleleh. Tetapi, kamu harus berhati - hati dalam melakukan metode ini karena peningkatan panas dapat menyebabkan tekanan pada wadah lilin, mungkin menyebabkannya hancur.

Untuk melakukannya, nyalakan lilinmu kemudian bungkus bagian atas lilin dengan lapisan aluminimum foil sehingga membentuk tutup kubah dengan lubang di bagian atas. Ini memungkinkan panas untuk melelehkan tepian lilin yang keras.


METODE PENGHANGAT LILIN


Penghangat lilin adalah pemanas listrik yang dapat melelehkan lilin dan melepaskan aroma tanpa memerlukan nyala api. Hal ini dimaksudkan untuk digunakan dengan wadah lilin, hal ini dapat dengan lembut memanaskan lilin yang memungkinkan aroma untuk melarikan diri ke dalam ruangan.


METODE TEALIGHT BURNER 


Untuk dapat menggunakan tealight burner, kamu cukup mengeluarkan lilin beraroma dari lilin yang tidak dapat digunakan. Setelah itu, letakkanlah di atas kompor dan jangan tambahkan air ke lilin! Kemudian, tempatkan tealight ke bagian dasar pembakar dan biarkan nyala api memanaskan dan melelehkan lilin di atasnya sehingga dapat merebakkan aroma.



References:

https://www.candlejunkies.com/complete-guide-to-preventing-and-fixing-candle-tunneling/

https://support.candlescience.com/hc/en-us/articles/115007606407-What-is-Tunneling-and-How-do-I-Fix-It-

https://www.osmology.co/blog/best-ways-avoid-candle-tunnelling/


788 views0 comments

Recent Posts

See All