top of page

Virgin Coconut Oil; Hidden Gems from Earth

Updated: Apr 1, 2019


Virgin coconut oil atau yang biasa disebut dengan minyak kelapa murni dikenal dengan vitamin dan aromanya yang khas. Dibandingkan dengan berbagai macam minyak saturasi, virgin coconut oil (VCO) merupakan minyak yang memiliki manfaat lebih banyak untuk menyehatkan tubuh, rambut, dan melembabkan kulit. Berbeda dengan minyak kelapa (coconut oil) pada umumnya, VCO diekstraksi dari kelapa tanpa mengaplikasikan panas. Dengan begitu, apabila dilihat dengan kasat mata, VCO akan terlihat lebih jernih dibandingkan dengan regular coconut oil.


Di era modern ini, selain essential oils, VCO juga semakin populer dan diminati oleh banyak orang. Berasal dari pohon kelapa yang juga dikenal dengan Tree of Life, VCO mulai banyak diproduksi dan dikonsumsi di beberapa daerah di Indonesia, terutama Bali. Dengan bahan dasar yang alami, penggunaan VCO dewasa ini sangat lekat dengan gaya hidup sehat.


Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kulit

VCO telah digunakan selama bertahun - tahun di daerah Asia, khususnya di kawasan Asia Tenggara. Diperkaya dengan medium-chain fatty acids, VCO menjadi minyak yang sangat efektif dan solutif untuk melindungi kulit dari mikroorganisme. Kandungan vitamin E dan mineral dalam VCO dapat membantu membersihkan dan mengontrol kadar kelembaban pada kulit. VCO dapat menghilangkan sel – sel kulit mati dan memperkuat sel - sel di bawah kulit. Virgin coconut oil juga dikenal sebagai penyembuh luka. Dengan mengoleskannya ke area kulit yang terluka, virgin coconut oil dapat meredakan infeksi dan mempercepat proses pemulihan. Dari segi estetika, VCO dapat digunakan sebagai pelembab wajah dan juga sebagai make-up remover.


Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Rambut

Memiliki masalah rambut kering dan kusam, virgin coconut oil dapat membantu untuk mengembalikan kelembaban rambut dan membuatnya lebih bersinar. VCO juga dapat membantu membersihkan kulit kepala dan memperkuat akar rambut. Dengan begitu rambut akan terlihat lebih lebat dan juga lebih halus.


Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Manfaat utama dari VCO untuk kesehatan adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena memiliki kandungan antibakteri dan juga antiinflamasi. Selain itu, kandungan fatty acids pada VCO dapat mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Tidak hanya itu, virgin coconut oil juga dapat membantu mengontrol berat badan, menghilangkan tanda kerutan atau stretch marks, dan membantu melancarkan pencernaan.


References:




113 views0 comments
bottom of page