Candle Wax and Its Basic Secret Ingredient

Updated: Apr 1, 2019



Dilihat dari segi bentuk dan fungsinya, lilin telah mengalami transformasi dari tahun ke tahun. Saat ini, lilin seringkali digunakan sebagai sarana untuk relaksasi, meditasi, maupun diminati sebagai souvenir pernikahan. Dewasa ini, lilin dikemas dalam berbagai bentuk dan aroma yang menarik, dan lebih familiar disebut dengan candle wax atau scented candle wax (lilin beraroma).


Pada dasarnya, bahan utama pembuatan candle wax adalah wax itu sendiri. Jenis wax yang digunakan sebagai bahan dasarpun akan menentukan bentuk, ketahanan, dan aroma dari candle wax. Dari sekian banyak wax, palm wax, soy wax, dan paraffin wax adalah tiga dari berbagai jenis wax yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan candle wax. Ketiganyapun memiliki karakteristik yang berbeda – beda.



Palm Wax

Palm wax merupakan wax yang sangat populer digunakan sebagai bahan dasar pembuatan candle wax. Dalam proses pembuatannya, buah palem yang telah dipanen dibawa ke pabrik. Biji palem kemudian dipisahkan kulit yang pada akhirnya meninggalkan lapisan luar yang lunak dan berdaging. Kulit ini yang kemudian dipanaskan untuk mendapatkan ekstrak wax.

Palm wax memiliki sifat biodegradable dan larut dalam air. Wax yang berasal dari buah palem ini memiliki titik leleh yang lebih tinggi dibandingkan dengan paraffin dan soy wax. Titik lelehnya mencapai 140 derajat F dan menghasilkan sinar yang lebih terang. Palm wax memiliki kapasitas untuk menyerap aroma yang lebih besar serta melepaskannya secara perlahan. Karena tahan lama dan memiliki kapasitas menyerap aroma tersebut. Berdasarkan studi tersebut, kini bymne memilih untuk menggunakan 100% palm wax sebagai bahan dasar pembuatan lilinnya.

Selain digunakan sebagai bahan campuran lilin, palm wax dapat digunakan sebagai bahan memasak, minyak untuk memasak, campuran kosmetik dan sabun, serta campuran biodiesel.

Soy Wax

Sama halnya dengan palm wax, soy wax juga merupakan wax dengan campuran nabati. Soy wax merupakan bentuk olahan minyak kedelai yang diproses setelah kacang kedelai dipanen, dibersihkan, dipecah, kemudian dipisahkan dari kulitnya. Kedelai yang telah bersih kemudian dihancurkan, lalu minyak didapat dari hasil ekstraksi serpihan biji kedelai tersebut. Palm wax dan soy wax merupakan wax biodegradable dan larut dalam air. Hanya saja, soy wax hanya bisa larut dalam air dan memiliki sifat tersebut apabila dalam kondisi yang murni. Ini membuat palm wax lebih mudah dan aman untuk digunakan dibandingkan dengan soy wax.

Selain itu, perbedaan lain yang mencolok dari kedua wax tersebut adalah, soy wax akan cepat habis terbakar dan tidak dapat mengunci aroma lebih lama dibandingkan dengan palm wax. Apabila dilihat dari kemurnian zat pembentuk, palm wax tidak diproses menggunakan unsur – unsur kimia yang berbahaya; sedangkan soy wax, merupakan wax yang dimurnikan secara kimiawi. Soy wax terdiri dari bahan-bahan yang meliputi asam akrilat dan etilen. Palm wax dibuat dari buah kelapa dan disuling menjadi lilin organik dan bebas bahan kimia yang aman digunakan di mana saja dan kapan saja.


Paraffin Wax

Dibandingkan dengan palm wax dan soy wax, paraffin merupakan wax yang tidak terbentuk dari bahan – bahan alami. Paraffin wax menghasilkan jelaga ataupun residu yang lebih banyak. Karena tidak terbentuk dari bahan nabati, paraffin wax mengandung zat – zat yang bersifat karsinogenik. Untuk menyuling paraffin wax, beberapa bahan kimia digunakan sebagai campuran; antara lain aseton, etilen, asam akrilat, benzena, dan toluene. Bahan dasarnyapun merupakan petroleum atau minyak bumi yang dapat berupa bensin, solar, dan minyak tanah. Oleh karena itu, paraffin wax memiliki aroma yang agak menyengat. Dilihat dari zat – zat kimia yang membentuk, paraffin wax bukanlah wax yang memiliki sifat biodegradable. Paraffin wax tidak dapat didaur ulang dan memiliki sifat tidak dapat larut dalam air. Sangat lazim di pasaran untuk mencampurkan paraffin wax ke dalam campuran lilinnya karena harganya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan wax lain seperti soy wax dan juga palm wax.


References:

http://www.candlesofthelight.com/information-about-palm-and-soy-wax.php#palm_wax

https://thesungarden.com/tips/blog/palm-wax-vs-soy-wax-the-difference-between-the-two/

9,464 views0 comments

Recent Posts

See All